Mengapa partisi Hardisk dimulai dari drive C: ???

Mungkin sudah banyak yang mengerti mengapa partisi hardisk selalu dimulai dari drive C:, tentunya diantara kita juga ada yang belum mengerti. Jadi saya mengepos artikel ini karena saya teringat dengan pertanyaan teman saya, sehingga saya mempunyai keinginan untuk berbagi pengetahuan melalui postingan saya ini, langsung saja ke topiknya.

Partisi merupakan proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi. Intinya dengan membagi partisi pada hardisk kita bisa membedakan yang mana partisi untuk system operasi dan yang mana partisi untuk penyimpanan data.

Pertanyaanya ???
Mengapa partisi Hardisk dimulai dari drive C: ???

kenapa tidak di di drive A, B atau yang lainnya.
Untuk menjawab pertannyaan tersebut saya akan jelaskan dengan singkat kenapa partisi hardisk selalu dimulai dari drive C:

Pada awalnya PC IBM menggunakan sistem operasi CP/M (Control Program for Microcomputers) yang tidak memiliki hardisk. PC ini hanya memiliki satu floppy drive, dan hanya itu saja, jadi  kalau kita ingin menambah floppy drive yah harus mengeluarkan uang yang cukup besar pada saat itu. Floppy yang pertama digunakan untuk menjalankan sistem operasi yang tentunya berada pada Drive A: dan untuk floppy yang kedua untuk menjalankan aplikasi yang tentunya berada pada Drive B:. Inilah standart yang telah dilakukan PC IBM. Pada waktu yang bersamaan hardisk mulai dijadikan standart penyimpanan pada sebagian PC. Secara logika drive dua huruf awal abjad A:, B:, sudah dipakai untuk floppy drive, tentunya penyimpanan berupa hardisk berada pada drive C:.

Dengan demikian sekarang kita sudah tahu mengapa partisi harddisk selalu diawali dari Drive C:. Meskipun komputer baru yang diluncurkan saat ini sudah tidak menggunakan floppy drive lagi, tetapi skema penamaan tersebut masih tetap digunakan sampai saat ini.

1 Response to "Mengapa partisi Hardisk dimulai dari drive C: ???"

  1. Makasih udah share info ini ya, bermanfaat.
    Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya : https://www.agres.id atau cek lainnya di https://linktr.ee/agres.id

    ReplyDelete