7 Kebiasaan yang Harus dihindari agar Flashdisk Tetap Awet

7 Kebiasaan yang Harus dihindari agar Flashdisk Tetap Awet
Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang mungkin untuk saat ini masih bisa dibilang populer, karena dengan ukuran paling kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Dan tentunya kita sebagai pengguna memiliki cara yang berbeda dalam merawat / menggunakan flashdisk kita. Mungkin cara dibawah ini dapat membantu agar Flashdisk kita tetap awet.

Berikut 7 kebiasaan yang membuat Flashdisk tidak awet :
  1. Simpan Flashdisk ditempat yang benar mis: jangan berdekatan dengan benda yang memiliki gelombang magnet seperti televisi, atau benda yang ada magnetnya. Gunakanlah tempat khusus untuk menyimpan flashdisk seperti laci atau di kantung yang berbeda.
  2. Bersikaplah bijak dalam menyimpan data karena menyimpan file dengan jumlah atau kapasitas yang terlalu besar sangatlah tidak baik untuk flashdisk. Karena apabila file yang akan disimpan memiliki size yang besar, gunakanlah zip untuk mengkompresnya menjadi kecil. 
  3. Hindari tindakan terlalu sering copy, paste, atau delete data di flashdisk. Karena flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis hapus data, jika sudah melewatinya mungkin flashdisk kita akan lebih lambat atau lama-kelamaan tidak bisa digunakan lagi.
  4. Hindari tindakan terlalu sering format terhadap flashdisk kita. Serta usahakan untuk tidak mengedit data secara langsung dari flashdisk. Lebih baik, copy dulu data yang ingin kamu edit ke komputer, lalu setelah selesai baru di copy kembali ke flashdisk.
  5. Eject sebelum mencabut flashdisk karena dikhawatirkan sedang ada proses yang berjalan di flashdisk yang lama-kelamaan akan membuat corrupt data atau malah rusak.
  6. Hindari Flashdisk untuk tidak terkena air, atau disimpan di tempat yang panas agar dapat mengurangi kerusakan pada fisik yang tentunya berpengaruh untuk isi yang ada di flashdisk.
  7. Hindari Flashdisk terkena dari benturan yang keras karena benturan keras akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk, sehingga kemungkinan besar data-data yang ada di dalamnya juga hilang.
Sebenarnya cara diatas sangatlah mudah untuk dilakukan. Tetapi, karena sikap kita yang terlalu sepele dalam merawat flashdisk, sehingga beberapa cara diatas menjadi sulit untuk dilakukan.

0 Response to "7 Kebiasaan yang Harus dihindari agar Flashdisk Tetap Awet"