Cara Mengecek Power Supply Masih Berfungsi atau Tidak


Mungkin kamu pernah mengalami komputer kamu mati total. Komputer mati total jika kamu menekan powernya komputer tidak menyala atau hidup sama sekali. Kemungkinannya ada dua masalah.  Jika komputer ketika dinyalakan tetap tidak hidup dan tetap mati, kemungkinan yang terjadi adalah: Kabel power putus atau bahkan saluran listriknya putus.

Dalam sebuah komputer, tersusun dari beberapa hardware yang saling berkaitan agar bisa bekerja. Istilahnya kerja tim, jika ada yang lemah atau rusak satu saja, maka yang lainnya juga akan kena dampaknya. Begitu juga dengan power supply komputer anda. Tentu anda sudah tahu apa itu power supply. Gunanya sebagai pencatu daya listrik, jadi komputer anda bisa menyala itu berkat adanya komponen ini. 

Power Supply mengalami kerusakan, bisa drop (nyala sebentar terus mati) dan bisa mati total. Lalu bagaimana cara mengecek power suply masih hidup, mati atau rusak ? Nah.. pada postingan ini saya bakal ngasih tau cara mengecek power suply dengan benar. Power suply yang bakal dibahas adalah jenis power supply ATX. 

Berikut Cara untuk mengecek power suply jenis ATX:
  • Siapkan power supply yang akan dicek
  • Siapkan jumper atau kawat penghubung atau lebih gampangnya kita siapkan (klip kertas).

  • Cabut dahulu kabel power yang terhubung ke sumber listrik dan seluruh Konektor Kabel Power Supply yang tertancap pada Motherboard, Hardisk, DVD-Rom (Hal ini dimaksudkan agar apabila terjadi korsleting tidak menyebapkan perangkat yang lain mengalami kerusakan).
  • Cari kabel yang berwarna Hijau dan Hitam yang bersebelahan, pada Konektor 20pin + 4pin. Untuk kabel Hitam bisa yang sebelah kiri atau yang kanan kabel Hijau, Kemudian hubungkan dengan menggunakan klip kertas tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan bisa lihat gambar dibawah.
Perhatikan kipas Power Supply, kalau berputar berarti Power Supply hidup. Akan tetapi Kipas Power Supply berputar belum tentu menandakan bahwa power supply itu bagus, karena ada banyak kasus power supply ATX itu mengalami arus/daya drop sehingga ketika disambungkan ke mainboard dan di bebani dengan harddisk, Komputer tetap tidak nyala / mati tapi kondisi fan masih berputar. Kondisi inilah yang dinamakan Power Supply Ngedrop. 

Berikut tanda power supply yang drop :
1. Komputer sering Hang sendiri.
2. USB port menjadi tidak berfungsi.
3. Kadang-kadang komputer restart sendiri.
4. Komputer nyala tampil di monitor tapi harddisk tidak terdeteksi
    di BIOS. 

Sekian informasi mengenai cek power supply ini semoga bisa membantu anda dalam mengatasi persoalan komputer yang mungkin saja anda alami. Silahkan mencoba, harus tetap hati-hati ya dan semoga manfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara Mengecek Power Supply Masih Berfungsi atau Tidak"