Membuat ScrollBar Blog Berbeda Dari yang Lain

Membuat tampilan blog beda dari yang lain adalah hal yang selalu dilakukan para blogger untuk memperindah blognya. Contohnya kali ini saya akan share tips/trik 'Membuat ScrollBar Blog Berbeda Dari yang Lain' , sudah tahu kan apa itu scroll ? ScrollBar adalah sebuah kontrol penggulung yang terdapat di sisi suatu jendela.  Macam dari ScrollBar sendiri ada 2, horizontal scrollbar dan vertical scrollbar.Fungsinya untuk menggulung teks pada layar atau mengubah nilai sebuah kontrol. Dan kali ini kita akan mengubah scrollbar di blog atau juga bisa dibilang scrollbar dari browser. 

Apakah anda tertarik menggunakan trik ini untuk memperindah blog kalian ?  Kalau iya langsung ikuti langkah - langkah berikut ini :
  • Login ke akun Blogger kalian.
  • Pilih Tab menu Template.
  • Klik menu Edit HTML.
  • Cari code </b:skin> , saya sarankan gunakan CTRL + F untuk mempercepat pencarian anda.
  • Pasang kode berikut di atas kode ]]></b:skin> 
::-webkit-scrollbar {height:12px;background: #DEDEDE;}
::-webkit-scrollbar-thumb {background-color: black;border:3px solid #FFFFFF;}
::-webkit-scrollbar-thumb:hover{background: #38761d;}
::-webkit-scrollbar-thumb:active{background:  #274e13;}
  • Klik simpan/Save dan lihat hasilnya pada blog anda.
Tapi anda jangan senang dulu setelah saya teliti kode/CSS diatas hanya berfungsi di Browser Chrome dan Opera dan tidak berlaku di Firefox .

Semua terserah anda saja mau gimana , yang jelas artikel ini sudah sedikit membantu anda untuk merubah bentuk dan warna Scroll bar di blog ( sendiri dengan browser yang mendukung ) dan tidak tampil begitu di browser yang tidak mendukung CSS diatas. Mudah-mudahan anda bisa bereksperiment membuat ScrollBar yang mendukung Browser Firefox dan mengsharenya kesesama Blogger.

0 Response to "Membuat ScrollBar Blog Berbeda Dari yang Lain"